Pemuda Hebat, Pemuda Bermanfaat Untuk INDONESIA Hebat !!


Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang memegang peranan penting bagi pembangunan Indonesia. Hal ini terbukti bahwa kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para pemuda yang dengan gagah perkasa mengusir penjajah dari tanah Indonesia. membangun masa depan bangsa harus dimulai dengan nation character building (pembangunan karakter bangsa) yang kuat. Adegium bahwa pemuda adalah salah satu pilar bangsa menjadi teramat penting dijadikan pijakan berpikir memulai strategi membangun pemuda yang berkarakter. Arah dan kebijakan pemerintah untuk mempersiapkan pemuda yang tangguh dan kokoh tidak dapat dilakukan begitu saja, khususnya diukur hanya dengan prestasi tokoh-tokoh muda dalam dunia politik praktis.

Kecenderungan yang terjadi kini, bahwa kewibawaan peran pemuda yang pernah ditorehkan oleh pemuda Hindia Belanda dari seluruh nusantara pada tanggal 28 Oktober 1928, mengalami penurunan integritas terhadap komitmen awal pemuda mengawal hasil perjuangan pemuda-pemudi di masa lalu. Munculnya banyak tokoh-tokoh muda di seluruh bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya yang berada di eksekutif, legislatif dan yudikatif seharusnya menjadi penyangga terkuat berjalannya pembangunan nasional. Siapapun tidak dapat menganulir bahwa bangsa Indonesia, baik sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan tetap memberikan ruang bagi pemuda untuk mengekspresikan kemampuannya. Bung Karno dan banyak tokoh muda lainnya bahkan mendominasi pergerakan merebut kemerdekaan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa gerakan-gerakan besar dan revolusioner juga dimotori oleh pemuda Indonesia.

Kita semua menyadari bahwa “pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan”. Ungkapan yang sering terdengar di telinga kita membuat hati tergugah untuk melangkah, jiwa terhentak untuk bergerak, raga tertantang untuk berjuang. Pemuda harus memiliki semangat ekstra, kemauan keras, pemikiran cerdas dan jiwa yang ikhlas, sebab tanpa landasan itu semua keberadaan pemuda bangsa ini tiada arti apa-apa, al hasil berdampak pada kemajuan dan perkembangan bangsa. bangsa ini ada pada genggaman tangan para pemuda. Perjalanan baik buruknya bangsa ini, tergantung pada perjalanan baik buruknya para pemuda. Pemuda yang bisa mengatakan kebenaran adalah kebenaran dan kesalahan adalah kesalahan merupakan pemuda-pemuda harapan bangsa, tanpa suapan segenggam nasi dari para penguasa, tanpa ada seperak materi dari hartawan, tanpa ada kezoliman dan dusta diantara kita, itulah pemuda yang memiliki karakter luar biasa.


0 Komentar untuk "Pemuda Hebat, Pemuda Bermanfaat Untuk INDONESIA Hebat !!"

Back To Top